Minggu, 04 November 2012

ORGANISASI



A.      Ciri-Ciri Organisasi 

·         Ciri-Ciri Organisasi Sosial

Menurut Berelson dan Steiner(1964:55) sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan, ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida, artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta wewenang yang lebih tinggi daripa

da anggota biasa pada organisasi tersebut.
Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal dengan gejala “birokrasi”. Lamanya (duration), menunjuk pada diri bahwa eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam organisasi itu.

Ada juga yang menyatakan bahwa organisasi sosial, memiliki beberapa ciri lain yang behubungan dengan keberadaan organisasi itu. Diantaranya ádalah:

Rumusan batas-batas operasionalnya(organisasi) jelas. Seperti yang telah dibicarakan diatas, organisasi akan mengutamakan pencapaian tujuan-tujuan berdasarkan keputusan yang telah disepakati bersama. Dalam hal ini, kegiatan operasional sebuah organisasi dibatasi oleh ketetapan yang mengikat berdasarkan kepentingan bersama, sekaligus memenuhi aspirasi anggotanya.
Memiliki identitas yang jelas. Organisasi akan cepat diakui oleh masyarakat sekelilingnya apabila memiliki identitas yang jelas. Identitas berkaitan dengan informasi mengenai organisasi, tujuan pembentukan organisasi, maupun tempat organisasi itu berdiri, dan lain sebagainya. Keanggotaan formal, status dan peran. Pada setiap anggotanya memiliki peran serta tugas masing masing sesuai dengan batasan yang telah disepakati bersama.

Ilmu organisasi merupakan ilmu yang penting dimiliki, karena dalam kehidupan kita tidak lepas dari organisasi. Di mulai dari lingkungan yang sederhana dari keluarga, hingga struktur yang rumit seperti organisasi pemerintahan. 

a.       ciri-ciri organisasi, yaitu :
1.    Adanya komponen ( atasan dan bawahan) .
2.    Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
3.    Adanya tujuan .
4.    Adanya sasaran .
5.    Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati .
6.    Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.

b.      Ciri-ciri Organisasi Modern
1. Organisasi bertambah besar
2. Pengolahan data semakin cepat
3. Penggunaan staf lebih intensif
4. Kecendrungan spesialisasi
5. Adanya prinsip-prinsip atau azas-azas organisasi
6. Unsur-unsur organisasi lebih lengkap

Menyangkut hal itu pengertian organisasi juga merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

           Secara sederhana, organisasi bisa diartikan sebagai suatu alat atau wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama dengan pola tertentu  yang perwujudannya memiliki kekayaan baik fisik maupun non fisik. Sehingga bisa dimungkinkan terjadinya suatu konflik dalam sebuah organisasi yang dikarenakan oleh adanya ketidakselarasan tujuan, perbedaan interpretasi fakta, ketidaksepahaman yang disebabkan oleh ekspektasi perilaku dan sebagainya.



 

Berikut ini adalah pengertian dan definisi organisasi menurut beberapa ahli :

B.      PENGERTIAN ORGANISASI

# ROSENZWEIG

 Organisasi dapat dipandang sebagai :
 Sistem sosial, yaitu orang-orang dalam kelompok
 Integrasi atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama
 Orang-orang yang berorientasi atau berpedoman pada tujuan bersama

# MATTHIAS AROEF

 Suatu organisasi terjadi apabila sekelompok orang bekerja bersama sama untuk mencapai tujuannya

# PFIFFNER dan SHERWOOD

 Organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis
  
# BAKKE

 Organisasi merupakan  sebuah sistem yang kontinue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan

# ALLEN

Organisasi adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan - hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.
Sebuah organisasi tidak akan bisa lepas dengan yang namanya struktur organisasi. Karena struktur organisasi adalah cara suatu aktivitas organisasi dibagi, di organisir, dan dikoordinasikan.

·         Menurut ERNEST DALE, sebuah struktur organisasi harus memuat tentang 5 hal  sebagai berikut:

 Daftar pekerjaan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi
 Membagi jumlah beban kerja dalam tugas-tugas atau biasa disebut pembagian kerja (devision of work)
 Menggabungkan tugas-tugas dalam keadaan yang logis dan efisien atau departementalisasi (departmentalization)
 Menetapkan mekanisme untuk koordinasi
 Memonitor efektivitas struktur organisasi dan melakukan penyesuaian apabila diperlukan
(indahf/Carapedia)

Pencarian Terbaru (100)

 Pengertian organisasi. Definisi organisasi. Pengertian organisasi menurut para ahli. Definisi organisasi menurut para ahli. Arti organisasi. Pengertian organisasi menurut ahli. Organisasi menurut para ahli.
Konsep organisasi. Defenisi organisasi. Pengertian struktur organisasi. Pengertian pengorganisasian. Pengertian struktur organisasi menurut para ahli. Devinisi organisasi. Pengertian perilaku organisasi menurut para ahli.

Pengertian kerjasama menurut para ahli. Pengertian sumber daya alam menurut para ahli. Teori organisasi menurut para ahli. Pengertian organisasi menurut beberapa ahli. Definisi perilaku organisasi menurut para ahli. Arti organisasi menurut para ahli. Organisasi menurut ahli.

Struktur organisasi menurut para ahli. Defenisi organisasi menurut para ahli. Pengertian perilaku menurut para ahli. Definisi struktur organisasi menurut para ahli. Definisi perilaku menurut para ahli. Pengertian organisasi sosial menurut para ahli. Definisi lembaga.

Perilaku organisasi menurut para ahli. Definisi organisasi menurut ahli. Pengertian konflik sosial menurut para ahli. Pengertian konflik menurut para ahli. Pengertian organisasi sosial. Definisi kerjasama menurut para ahli. Pengertian pengorganisasian menurut para ahli.

Definisi pengorganisasian. Pengertian kerja menurut para ahli. Pengertian mekanisme menurut para ahli. Pengertian bekerja menurut para ahli. 10 pengertian organisasi menurut para ahli. Pengertian sistem sosial menurut para ahli. Pengertian organisasi menurut para ahli indonesia.

Kerja. Definisi konflik menurut para ahli. Definisi dari organisasi. Pengertian konflik menurut beberapa ahli. Pengertian organisasi menurut para pakar. Organisasi. Kerjasama menurut para ahli.
Pengertian organisasi menurut pakar. Maksud organisasi. Definisi bekerja menurut para ahli. Pengertian dari organisasi. 

Definisi organisasi sosial. Pengertian organisasi menurut. Definisi perilaku menurut ahli.
Definisi konflik sosial menurut para ahli. Definisi pengorganisasian menurut para ahli. Pengertian organisir. Definisi organisasi menurut beberapa ahli. Pengorganisasian menurut para ahli. Perilaku menurut para ahli. Penertian organisasi.

Difinisi organisasi. Definisi kelembagaan menurut para ahli. Pengertian tugas menurut para ahli. Pengertian struktur menurut para ahli. Pengertian organisasi menurut parah ahli. Konsep organisasi menurut para ahli. Definisi organisasi menurut para ahli indonesia.

Arti dari organisasi. Definisi mekanisme menurut para ahli. Teori perilaku organisasi menurut para ahli. Fungsi organisasi menurut para ahli. Organisasi pengertian. Pengertian organisasi menurut para ahli di indonesia. Definisi tentang organisasi.

Konflik menurut para ahli. Pengertian organisasi adalah. Definisi sistem sosial menurut para ahli. Maksud pengorganisasian. Konflik sosial menurut para ahli. Pengertian sda menurut para ahli. Pengertian organisasi menurut para tokoh.

Pengertian lembaga menurut para ahli. Pengertian tentang organisasi. Pengertian kerja sama menurut para ahli. Pengertian perilaku menurut ahli. Definisi organisasi menurut para pakar. Pengertian perilaku organisasi. Pengertian organisasi fisik.

Definisiorganisasi. Pengertian pembagian kerja menurut para ahli. Definisi organisasi menurut. Definisi organisasi dan manajemen menurut para ahli. Pengertian dan definisi organisasi. Devinisi organisasi menurut para ahli. Struktur organisasi menurut.



Dengan demikian jelaslah bahwa di dalam suatu organisasi perlu adanya kesamaan visi dan misi serta koordinasi yang harus terjalin terus menerus dengan baik antar para anggota maupun dengan pimpinan organisasi. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan demi kelancaran jalannya sebuah organsisasi tersebut, antara lain :

C.      HAL – HAL PENTING DALAM ORGANISASI
·         Sebuah organisasi harus memiliki pimpinan dan bawahan,
·         Perlu adanya kerja sama dan koordinasi yang baik,
·         Memiliki Visi dan Misi yang menjadi tujuan organisasi, 
·         Adanya pembagian tugas dengan baik pada para anggotanya,

Memahami mekanisme proses pelaporan dari anggota paling bawah sampai kepada pimpinan yang paling atas. Dengan kata lain, anggota paling bawah tidak diperkenankan memberikan laporan langsung kepada peminpin organsiasi paling atas tetapi wajib melalui kepala bagian (coordinator) masing-masing bidang.

sumber:
http://tkampus.blogspot.com/2012/03/ciri-ciri-organisasi-sosial_31.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar